4 Cara Pasang WiFi di Rumah Tanpa Sambungan Telepon

JAKARTA – Butuh jaringan internet tapi tidak punya pesawat telepon di rumah? Tak perlu khawatir, ada alternatif cara pasang WiFi di rumah yang mudah dilakukan, kok. Simak penjelasannya berikut ini!

Dikutip dari 99.co, Sabtu, 26 September 2020, jaringan WiFi pribadi tampaknya sudah menjadi kebutuhan dasar semua orang. Terlebih, karena saat ini banyak orang harus bekerja dari rumah setiap hari.

Namun terkadang harga pasang yang ditawarkan terlalu mahal dan dibutuhkan jaringan telepon selama prosesnya. Oleh sebab itu, cara pasang WiFi sendiri di rumah ini bisa jadi solusi.

4 Cara Pasang WiFi Sendiri di Rumah

1. Gunakan Modem Wifi (MiFi) di Rumah

Solusi pertama adalah pasang WiFi dengan menggunakan MiFi. Ada banyak provider selular yang menyediakan produk ini, misalnya saja XL, Telkomsel, hingga Smartfren. MiFi dilengkapi dengan jaringan 4G, sehingga kecepatan koneksinya lebih baik dibandingkan modem standar.

Jangkauan sinyalnya pun cukup luas, Anda tak perlu khawatir untuk menggunakannya di daerah terpencil.

Berikut beberapa kelebihan dari menggunakan MiFi:

  • Bentuknya ringkas dan sederhana, mudah dibawa kemana saja
  • Daya baterai tinggi, bisa bertahan hingga 20 jam
  • Kapasitas perangkat yang terhubung bisa mencapai 32 perangkat
  • Meski begitu, paket yang ditawarkan masih terbatas, belum ada yang unlimited.

2. Cara Pasang WiFi dengan Router USB

Solusi pasang WiFi murah berikutnya adalah dengan menggunakan router USB Cara kerja alat ini mirip seperti MiFi, hanya saja Anda bisa menggunakannya untuk berbagai operator selular.

Namun, Anda perlu modem USB untuk mengoperasikannya seperti modem USB Huawei, ZTE, Sierra, dan lainnya. Modem akan dipasang ke port yang ada pada router, lalu router memancarkan jaringan internet di rumah.

Ada banyak pilihan produk di pasaran, jika bingung, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada TP-LINK TL-MR3420. Pasalnya, alat ini memiliki kecepatan hingga 300 mbps dan dapat digunakan untuk berbagai modem USB.

3. Pasang WiFi IndiHome di Rumah

Ternyata layanan IndiHome juga bisa dipasang tanpa jaringan telepon. Ini bisa jadi solusi untuk pasang WiFi di rumah dengan biaya murah. Terlebih, IndiHome termasuk layanan yang menyediakan paket WiFi unlimited.

Salah satunya, paket fiber optic 10 mbps yang harga pasang WiFi-nya hanya sekitar Rp200 ribu per bulan. Penurunan kecepatan internet pun tak signifikan meski kamu telah melewati batasan FUP.

4. Cara Pasang WiFi di Rumah dengan Tower Internet

Hunianmu jauh dari jaringan Indihome, Biznet, dan lainnya? Jangan bingung, kamu bisa gunakan layanan yang disediakan oleh Internet Service Provider seperti CitraNet. Ini bisa dilakukan di daerahmu ada tower internet atau tower triangle.

Tower ini merupakan menara yang digunakan untuk memasang antena atau alat pemancar apapun
Sehingga Anda bisa mendapatkan gelombang telekomunikasi seperti internet.

Harga Pasang WiFi di Rumah dengan Modem

Sebenarnya, harga produk akan dipengaruhi oleh operator yang dipilih serta paket yang digunakan. Namun, sebagai referensi, berikut harga pasang WiFi dengan modem yang paling murah:

1. XL Go Izi, dibanderol dengan harga Rp480 ribu untuk kuota 20 GB dan modem

2. Telkomsel MiFi, dengan harga bundling Rp570 ribu

3. Smartfren MiFi, dibanderol mulai dari Rp340 ribu untuk kuota 2 GB dan modem

4. Indosat Ooredoo, dipasarkan dengan harga Rp899 ribu untuk langganan satu tahun

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *