Bansos PKH Tahap IV Cair Oktober, Begini Cara Cek melalui Situs Kemensos

JAKARTA — Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menggulirkan bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) kepada masyarakat penerima manfaat di Indonesia.

Bansos PKH ini merupakan bagian dari program pelindungan sosial (Pelinsos) yang dicanangkan pemerintah untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi.

Setelah dibuka mulai pertengahan tahun ini, kini penyaluran Bansos PKH sudah memasuki tahap IV. Disebutkan, Bansos PKH akan cair bulan ini.

Penyaluran Bansos PKH dilakukan melalui  Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA). Proses pencairan dananya pun tidak dikenai potongan biaya adiministrasi.

Dalam ketentuan Kemensos, Bansos PKH hanya diberikan kepada keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan yang sesuai dengan kategori penerima PKH menurut Kementerian Sosial.

Kriteria utama keluarga penerima manfaat PKH adalah keluarga miskin yang setidaknya memiliki satu syarat seperti, ibu hamil, anak usia dini 0-6 tahun, penyandang disabilitas berat dan orang lanjut usia diutamakan mulai dari 70 tahun.

Kriteria lainnya adalah keluarga miskin yang memiliki setidaknya satu anak dengan pendidikan SD/Sederajat, anak dengan pendidikan SMP/Sederajat dan pendidikan anak SMA/Sederajat.

PKH juga diberikan kepada keluarga miskin yang memiliki anak usia 6-21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun.

Besaran Bansos PKH pun berbeda-beda setiap keluarga penerima manfaat. Untuk ibu hamil/nifas menerima sebesar Rp 3 jut per tahun.

Kemudian, anak usia 0-6 tahun menerima sebesar Rp3 juta per tahun; pendidikana anak SD/Sederajat Rp900 ribu per tahun; pendidikan anak SMP/Sederajat Rp1,5 juta per tahun.

Selanjutnya, untuk pendidikan Anak SMA/Sederajat menerima Rp2 juta per tahun; penyandang disabilitas berat Rp2,4 juta per tahun; dan lansia Rp2,4 juta per tahun.

Cara Cek di Situs Kemensos

Adapun Bansos PKH disalurkan melalui rekening pribadi. Untuk memastikan apakah dana tersebut sudah masuk atau belum, kamu bisa melakukan pengecekan melalui situs Kemensos yaitu cekbansos.kemensos.go.id.

Langkah-langkahnya dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan
  2. Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai KTP
  3. Ketikkan 8 huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode
  4. Jika huruf kode kurang jelas, klik ikon di samping kolom pengisian kode untuk mendapatkan huruf kode baru
  5. Klik tombol CARI DATA
  6. Jika nama dan kode diisi dengan benar maka kamu akan melihat data pribadi sebagai penerima manfaat Bansos PKH.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.