Tarif Tes Swab COVID-19 di Prodia Hingga RS dari Rp500.000 – Rp6 Jutaan

JAKARTA –  Masyarakat kini dapat melakukan tes swab COVID-19 secara mandiri untuk mengetahui status kondisi kesehatannya.

Sejumlah fasilitas kesehatan laboratorium klinik, rumah sakit, hingga aplikasi, telah menyediakan tes swab dengan tarif mulai dari Rp500.000 hingga Rp6 juta.

Selain itu, hasil tes tersebut dapat digunakan sebagai salah satu syarat wajib mendapatkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) bagi seseorang yang akan pergi ke luar kota.

Berikut hasil rangkuman TrenAsia.com, beberapa rumah sakit maupun layanan laboratorium swasta yang menyediakan tes swab dengan berbagai macam tarif.

  1. RSUP Persahabatan

Biaya tes pemeriksaan COVID-19 di RSUP Persahabaran dipatok mulai Rp700.000. Proses pemeriksaan yang dilakukan meliputi, riwayat gejala klinis pasien, tes darah, rontgen dada, dan konsultasi dokter spesialis.

Sementara itu, hasil tes akan keluar setelah 2-4 jam kemudian. Pemeriksaan dapat dilakukan di Gedung Puspa yang buka Senin-Jumat mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB.

  1. RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito Banu Hermawan mengungkapkan, biaya tes COVID-19 yang dikenakan di rumah sakit tersebut kurang lebih Rp500.000 dengan penanganan khusus dari dokter ahli paru.

Masyarakat yang melakukan pemeriksaan akan mendapat layanan rontgenswab, dan cek laboraturium. Meskipun demikian, tes swab sendiri hanya bisa dilakukan jika terdapat indikasi atau melalui permintaan dokter.

Waktu pemeriksaan dibuka mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB di poli paru RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

  1. RS Pondok Indah

RS ini menyediakan rapid test dengan biaya kurang lebih Rp480.000. Sedangkan untuk basic screening, advance screening, comprehensive screening harga yang dipatok mulai dari Rp1,9 juta – Rp5,75 juta.

  1. RS Gandaria

Disediakan layanan drive thru rapid test dengan harga Rp50.000. Namun, bagi yang menginginkan hasil pemeriksaan secara lengkap, terdapat berbagai kategori dengan harga bervariasi, mulai Rp800.000 – Rp3 juta.

  1. RSPAD Gatot Subroto

Harga test swab yang dibanderol di rumah sakit ini berkisar mulai dari Rp1,5 juta – Rp2,8 juta.

  1. Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)

Klinik FK UI menyediakan beragam paket tes corona jenis SARS-COV-2 seperti, Paket ISPA 1 dengan pendeteksian influenza A Rp1,5 juta; Paket ISPA 2 dengan tiga spesies bakteri Rp2,5 juta; Paket ISPA 3 dengan 13 spesien virus dan 3 spesies bakteri dengan harga Rp2,5 juta.

Adapun hasil tes akan dikeluarkan dalam waktu tiga hari kerja.

  1. Prodia

Manager Marketing Prodia Rudy mengatakan, pihaknya melayani rapid tes maupun swab bagi masyarakat luas. Harga rapid tes di Prodia dibanderol Rp590.000, sedangkan untuk swab sebesar Rp2,5 juta.

Untuk alur pendaftaran, Rudy menjelaskan bahwa masyarakat harus membuat appointment terlebih dahulu dengan mengirim KTP serta nomor telepon ke kontak resmi Prodia 1500-830.

Adapun hasil rapid tes akan keluar setelah 2-3 jam pemeriksaan, dan hasil swab keluar setelah 3-4 hari kerja.

  1. Halodoc

Untuk pemeriksaan rapid test di sini, Halodoc tidak membanderol harga secara pasti dikarenakan biaya bergantung pada jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang diberikan oleh pihak rumah sakit.

“Halodoc menyediakan layanan rapid test yang berlokasi di Jabodetabek bekerja sama dengan berbagai mitra rumah sakit,” tulis keterangan resmi di laman Halodoc. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan masyarakat dapat berbeda-beda.

Adapun cara melakukan tes COVID-19 di Halodoc, yakni membuka aplikasi Halodoc dan mengeklik tombol COVID-19 serta menentukan lokasi rapid test drive. Selanjutnya, masyarakat akan diminta untuk mengunggah foto/scan informasi diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) untuk melakukan pemesanan.

“Jika sudah mengunggahnya, dilanjutkan ke tahap pembayaran. Biaya akan bergantung kepada biaya jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang diberikan oleh pihak rumah sakit,” ungkap keterangan tersebut.

Setelah berhasil, masyarakat akan menerima SMS konfirmasi mengenai jadwal tes dan detail pemesanan. SMS tersebut harus ditunjukkan kepada petugas medis saat melakukan pemeriksaan. (SKO)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.